Dari banyak rekan-rekan Garis, saya yakin anda sudah ada yang banyak mengenal denah ini :

39409044_457505351398549_6386570610570428416_n

 

Jika saja denah ini adalah seorang artis, dia tentu sudah dikenal banyak netizen dan jadi pilihan favorit untuk dijadikan seorang idola. Begitu juga dengan denah ini. Sudah diminati banyak orang terutama yang ikut tergabung dalam grup-gruup desain di media sosial seperti Facebook. Seperti saya bilang denah ini ibarat artis disetiap postingan, di setiap jawaban yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana menata ruang dalam sebidang tanah berukuran 10x10m atau lebih, dan gambar ini pun akhirnya selalu muncul.

Lalu apa salah saya?, apakah ada masalah?, apakah denahnya jelek?

Tentu saja tidak ada yang salah. Tidak juga menjadi masalah. Apalagi dengan mengatakan denahnya jelek. Karena denahnya sudah memenuhi standar perencanaan , jika dilihat dari sebatas pembuatan denah. penataan ruangnya tertata dengan baik dan bisa menjadi rumah yang sehat, nyaman dan segar. Denahnya tepat sekali untuk digunakan untuk lahan yang dimiliki oleh mereka yang memiliki lahan dengan lebar 10 x 10m. Dengan denah tersebut anda tinggal pengembangan tampak, struktur, dan hal-hal penting lainnya yang dianggap perlu direncanakan dalam sebuah rumah tinggal.

Lalu apa yang akan dibahas dalam postingan kali ini ?.

Saya beberapa kali mendapat kontak dari rekan-rekan saya melalui WA mengenai keinginannya membuat rumah. Ketika mulai berdiskusi kebanyakan dari mereka mengatakan sudah mendapatkan denah yang tepat tinggal membuat rencana tampaknya saja. Dan ketika saya mintakan denahnya, yang keluar adalah gambar ini :

39409044_457505351398549_6386570610570428416_n

Saya mengulang 2x posting gambar di bahasan saya kali ini karena denah ini merupakan denah favorit banyak orang.  😀

Kemudian ketika diskusi dilanjutkan. 4 dari 5 orang ketika ditanyakan berapa ukuran lahan yang dimiliki mereka, ternyata mereka memiliki lahan dengan ukuran 10 x 10m. Tentu saja jika denah ini digunakan di lahan lebar 10 x 10m atau 10 x lebih dari 10m denah ini sah digunakan dan dibangun. Tetapi jika lahannya lebih dari 10m x lebih dari 10m ?. Pendapat saya adalah : sayang sekali jika denah ini digunakan di lahan yang punya nilai lebih dari sekedar denah diatas. Tapi sekali lagi bukan denahnya yang jelek, tetapi denahnya kurang tepat digunakan dilahan yang memilik ukuran lebih dari 10m x lebih dari 10m, karena dengan lahan seperti itu denahnya bisa jauh lebih maksimal.

Coba kita bahas denah diatas ketika ditempatkan di lahan dengan ukuran 10m x 10m lebih.

Denah diatas memang diperuntukkan untuk lahan dengan lebar 10m dan panjang (bisa lebih dari) 10m. Oleh karena itu dibagian belakang diberikan lahan terbuka untuk memberikan akses udara dan cahaya untuk area belakang rumah. Tetapi ketika panjangnya lebih dari 10m tentu ruang keluarga di bagian belakang bisa mundur sejajar dengan dinding belakang dapur dan kamar tidur karena open space dapat diambil dari lahan lebih di bagian belakang.

Namun ketika lahannya 10m x 10m lebih. katakanlah 15m x 15m dengan denah ukuran seperti diatas akan ada sisa lahan 5m di sisi kiri atau kanan. Dan dengan sisa lahan 5m itu anda bisa menggunakannya untuk taman yang ditata dengan indah. Dan ketika lahan tersebut ditata menjadi taman yang dilengkapi gazebo dan kolam ikan, bagaimana anda dapat menikmatinya dari dalam rumah jika denah rumah yang digunakan seperti diatas?. Apakah anda harus keluar rumah dahulu untuk menikmati taman yang anda tata dengan biaya yang tidak sedikit?. :)

Oke bagaimana jika denahnya saya usulkan untuk dibuat seperti ini :

denah alt 1 denah alt 2

Denah mana yang akan anda pilih ?. Tentu saja pilihan akan anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan dari penataan ruangnya, atau didasarkan pada budget yang dimiliki untuk membangun rumah. Tetapi kita lihat dari ketiga alternatif denah diatas. ruang keluarga dan rg makan mendapatkan akses pandangan kearah luar ke arah taman yang dapat dibuat di lahan lebih tersebut bukan?. Dan suasana yang akan anda dapat pun akan lebih menarik dari dalam rumah. Seperti contoh dibawah ini.

ruang keluarga Ibu Nadya Aulia

Ruang Keluarga Ibu Nadya Aulia – Arsitek Rulli Rosalli

IMG_6459 Interior Living Room(1)

Hasil Pencarian dari Google – Properti.com

Ruang-Makan-Dekat-Taman-2

Hasil dari Pencarian Google

Sekarang, bagi mereka yang belum membuat rumah tinggalnya dan belum masuk keperencanaan. Apakah masih berfikir akan menggunakan hasil pencarian di Google saja?, atau berdiskusi dengan Arsitek pilihan anda?. Apa kerugian anda untuk menyewa arsitek ketika anda mendapatkan keuntungan lebih dari menyewa arsitek. :)

Rulli Rosalli Arsitek

Leave a reply "Antara Googling dan Sewa Arsitek"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*