Assalamualaikum Wr Wb.

Rekan Garis,  rupanya kuis yang kami hadirkan dengan hadiah desain gratis kamar mandinya tidak  laris. 😀 . saya tidak tau apakah kuisnya yang terlalu sulit?, atau hadiahnya yang kurang menarik?. Padahal sebelumnya kuis yang dilaksanakan sering diikuti banyak rekan-rekan.

Sebetulnya soal atap ini adalah soal yang paling penting bagi sebuah bangunan. Selain atap berfungsi sebagai pelindung rumah dari panas dan hujan. atap juga berfungsi sebagai faktor keindahan rumah tampil menjadi lebih cantik. salah mengambil bentuk atap maka masalah besarlah yang akan anda dapatkan setelah rumah ditempati dalam waktu tertentu. Oleh karena itu pada quiz kali ini saya mengambil tema Atap.

Banyak kasus yang muncul bahkan cenderung mengagetkan ketika ada diantara kita membangun rumah, dan sudah mencapai rencana pekerjaan atap, tiba2 pemilik bingung bentuk atapnya seperti apa untuk rumah tinggalnya. Bayangkan jika atap yang dibuat kemudian diantara kebingungan yang ada, bentuknya tidak karu-karuan dan acak-acakkan. Jangankan untuk indah, untuk keamanan rumah pun tidak dapat terpenuhi.

Mari kita mulai bahasan kita dengan pentingnya mengatur bentuk atap yang tepat. Hal pertama yang harus diperhatikan ketika kita selesai membuat denah rumah, adalah menentukan bentuk atap. bentuk atap apa yang tepat ?. Ada beberapa jenis atap yang biasa digunakan dalam rumah tinggal anda, seperti atap pelana, atap perisai, atap dengan 1 kemiringan, atap susun limas atau perisai atau lainnya.

Untuk mudahnya mari kita lihat, pertama perhatikan apakah rumah anda berada di lahan yang luas sehingga kiri kanan depan dan belakang rumah anda masih terdapat jarak yang cukup luas dengan bangunan di sekitar rumah anda?. Jika ya maka berarti anda cukup leluasa mengambil bentuk atap yang variatif. Bentuk perisai, pelana, atau kombinasi dari 2 bentuk atap tadi.

area luas 2

rumah dengan halaman yang luas sangat leluasa memilih bentuk atap yang disukai

 

area luas 1

Tetapi jika di sisi kiri dan kanan rumah anda sudah terbangun rumah tinggal dan bangunannya tepat menempel dengan bangunan rumah anda jangan pilih bentuk atap yang memiliki kemiringan ke kiri dan kekanan seperti bentuk atap limas/perisai kecuali kemampuan tukang/pekerja rumah anda bisa bekerja baik saat mengerjakan talang rumah, karena jika tukang anda bekerja asal selesai, maka masalah besar akan anda hadapi dengan masalah-masalah seperti kebocoran atap rumah.

 

atap pelana yang salah

bangunan yang berdempetan akan memberikan masalah besar jika atap salah satu bangunan tidak memiliki space antara atap satu rumah dengan atap yang lain

Dan jika pun masih ada sedikit lahan yang tersedia di sisi kiri dan kanan rumah anda, misalkan memiliki  atap berbentuk perisai/pelana (gambar 2) yang memiliki kemiringan ke arah kiri dan kanan lebih baik dihindari jika tidak curahan air dari atap rumah anda akan mengganggu bangunan dan tetangga anda.

Pada sketsa di bawah ini diperlihatkan jika antara rumah anda (r) masih terdapat jarak sekitar hingga 1,5m dengan tetangga (t) jangann gunakan atap yang mengarah ke arah bangunan rumah tetangga. Karena atap rumah anda yang overstek nya mencapai 80cm dari dinding rumah anda akan menyisakan celah selebar 60 sd 70cm. Hal ini akan menyebabkan curahan hujan dari atap rumah anda menabrak dinding rumah tetangga yang jika dalam waktu lama tentu akan menimbulkan kerusakan pada bangunan tetangga. Selain itu akan menyebabkan space dibawah atap rumah anda (diarsir coklat muda) akan menjadi area yang lembab karena minim cahaya matahari.

masalah atap

masalah atap : merusak bangunan lain

Jika kasus ke dua yang anda hadapi, dimana disisi kiri dan kanan rumah anda sudah dibangun rumah, maka atap yang tepat adalah atap pelana yang kemiringannya mengarah ke arah depan dan belakang.sehingga air hujan akan lebih leluasa dijatuhkan ke tempat yang mudah dialirkan ke saluran pembuangan.

ata pelana

kemiringan atap ke arah depan dan belakang untuk rumah yang sudah berdempaetan satu sama lain adalah pilihan yang tepat

 

oke sampai disini apakah bisa difahami. postingan berikut akan

membahas jawaban kuisnya. :). atau setelah penjelasan ini ada

yang mau mencoba menjawab?

Leave a reply "Merencanakan Atap"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*