Ibu Sisi yang berlokasi di Jakarta Barat, menjelaskan kepada kami mengenai kondisi rumahnya yang sudah dihuni cukup lama yang dirasakannya tidak nyaman. Penataan ruang dirumahnya yang memiliki lebar rumah yang tidak terlalu besar, membuat ruma terasa sesak dan pengap karena sirkulasi udara dan akses cahaya yang sangat terbatas yaitu hanya dari ruang depan saja ditambah ketinggian plafond yang terlalu rendah. Ruang-ruang yang terbentuk didalam rumahnya dirasakan merupakan ruang2 yang gelap. Setelah kami perhatikan kondisi tersebut diatas disebabkan oleh adanya ruang didalam ruang. Dan terdapat ruang yang berupa lorong memanjang dari ruang depan hingga ruang belakang.
Maka melalui web site kami ibu sisi menghubungi kami untuk membantu beliau menata ulang rumah beliau menjadi rumah yang sehat dan nyaman, dengan udara yang mengalir dengan baik serta curahan cahaya alami.

denah eksisting copy

Maka setelah melakukan studi ruang kami akhirnya menemukan alternatif yang menurut kami baik dan maksimal dan sesuai dengan permintaan ibu sisi.

Lantai dasar.
Secara keseluruhan lantai dasar mengalami banyak perubahan ruang, karena ruang dilantai dasar sama sekali tidak memiliki akses udara yang dapat membuat udara didalam rumah mengalir sehingga udara didalam rumah akan selalu dalam keadaan segar. Oleh karena itu kami menyarankan untuk membuat beberapa bukaan yang terbuka langsung kearah luar, sehingga udara dan cahaya matahari alami dapat masuk kedalam rumah dengan leluasa.
Dimulai dari arah depan. ruang tamu yang berukuran cukup besar yaitu 5×4,6m kami bagi menjadi beberapa ruang baru seperti ruang tamu, dapur di depan carport, dan teras. masuk ke lebih dalam, kamar tidur serta lorong didepannya kami bongkar dindingnya dan menjadikannya sebagai ruang makan dan ruang keluarga. dimana ruang makan yang lama kami jadikan ruang terbuka berupa taman untuk memberikan bukaan udara serta cahaya kedalam rumah. sehingga ruang keluarga, ruang makan serta ruang tidur utama (posisi kamar tidur utama berada dilorong kamar tidur belakang) mendapat udara dan cahaya yang maksimal. bahkan kamar tidur utama pun memiliki kamar mandi pribadi dan mendapat taman pribadi yang sekali lagi dapat memberikan sirkulasi udara yang sangat baik untuk rumah ibu sisi, dimana udara akan mengalir dengan baik mulai dari ruang depan ke bagian belakang rumah.
Lantai atas
Hampir secara keeluruhan ruang2 dilantai atas kami usulkan untuk dibongkar karena untuk mendapatkan ruang2 yang tepat dan sesuai dengan permintaan ibu sisi, setelah kami coba dengan beberapa studi ruang, ruang2 yang lama tidak dapat dipertahankan. Dan hasil dari pengembangan denah adalah : kami mencoba menata kamar-kamar tidur di lantai atas untuk mendapatkan udara dan cahaya yang baik serta luas kamar yang jauh lebih besar dibanding sebelumnya serta ruang keluarga yang nyaman karena mendapatkan bukaan langsung dari void ke atas taman. kemudian kamar pembantu, rg jemur serta kamar mandi dan ruang cucinya berada diarea belakang. terpisah dengan area dalam.
Walaupun demikian kami tetap membuat 3 denah alternatif yang bisa dipilih oleh ibu sisi. Dan dalam diskusinya kami menyarankan satu denah yang sangat kami rekomendasikan untuk digunakan. Dan bagi rekan-rekan garis, denah mana yang akan dipilih jika memperhatikan 3 denah alternatif yang kami buat ini.
denah rencana pengembangan alt 1

denah alternatif 1

denah rencana pengembangan alt 2 denah rencana pengembangan alt 3

Garis merekomendasikan Denah Alternatif 1 untuk bisa digunakan oleh ibu Sisi.

Leave a reply "Penataan Ruang Untuk Renovasi Rumah"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*