Project  : Desain Rumah Tinggal Tipe 36

Pemilik : Mr. Budi

Lokasi : Bekasi

Tahun : 2016

Arsitek : Rulli Rosalli. ST.Ars

Pak Budi yang berlokasi di Bekasi, ingin melakukan penambahan/pengembangan rumah tinggalnya yang memiliki luas 36m2. Pengembangan ini dilakukan karena ada anggota keluarga baru yang hadir setelah pak budi menikah 1,5 tahun yang lalu. Dengan kehadiran anak sebagai anggota baru didalam rumahnya Pak Budi ingin menambah ruang tidur untuk anaknya yang selama 6 bulan sebelumnya tidur bersama dengan orangtuanya. Hal ini dikarenakan kamar di rumah Pak Budi yang lama hanya memiliki 1 (satu) kamar tidur saja. Tetapi sudah memiliki dapur didalam rumah.

Dengan menghubungi kami, Pak Budi sangat mengharapkan pengembangan rumah tinggal akan memenuhi kegiatan seluruh anggota keluarganya dengan baik.Pak Budi menginginkan sekali penambahan rumahnya menjadikan rumah yang lebih baik, lebih nyaman walaupun bukan yang luas/besar.

Pengembangan Lay Out Rumah 

2018-03-26 14.33.57

Kami mencoba dua alternatif layout rumah yang bisa kami usulkan kepada owner.

Yang pertama adalah penambahan ruang langsung di bagian belakang lahan yang kosong yang berukuran 2 x 8m dan kami usulkan menjadi dapur. Sementara dapur lama dijadikan ruang tidur anak yang bersebelahan langsung dengan kamar tidur orang tua. Dengan rencana seperti ini kami menyampaikan kepada owner bahwa pengembangan rumah tinggalnya akan memakan biaya yang tidak terlalu besar, karena owner hanya menambah sekat untuk menutup kamar tidur (dapur lama) dengan ruang keluarga, serta menambah ruang dibagian lahan belakang rumah yang masih kosong untuk dijadikan dapur.

2018-03-26 14.34.42

Yang kedua usulan kami adalah memindahkan kamar mandi lama ke posisi yang baru, yaitu diantara 2 kamar tidur. Dimana kamar tidur anak diposisikan berderetan/sejajar dengan kamar tidur utama, dan posisiya setelah kamar mandi. Sementara itu untuk dapur kami mengusulkan posisinya disatukan dengan area ruang keluarga. Tetapi terbuka ke halaman belakang.

Untuk alternatif ke 2 (dua) ini tentu akan mengeluarkan biaya yang lebih besar dibanding pengembangan alternative ke 1 (satu) karena alternative ke 2 (dua) ini pekerjaan pengembangan nya mencakup pemindahan kamar mandi, melakukan bongkaran dinding lama, dan memasang dinding baru sebagai sekat.

2018-03-26 14.54.28

Tetapi dengan usulan ke 2 (dua) ini,kami memberikan usulan pengembangan yang pada akhirnya nanti rumah pak budi akan terasa lebih luas dan berkesan leluasa, terutama dari sisi kesehatan didalam rumah akan berbeda dengan alternative ke 1 (satu). Karena alternative ke 2 (dua) konsepnya lebih terbuka, sehingga udara dan cahaya matahari akan lebih leluasa masuk kedalam rumah.

Silahkan perhatikan  dua  sketsa ruang dibawah ini untuk memperlihatkan perbedaan dua usulan yang sudah kami jelaskan tadi.

ruang dalam alternatif 1

ilustrasi pengembangan rumah alternatif 1

ruang dalam alternatif 2

Ilustrasi Pengembangan Rumah Alternatif 2

Desain Final

Setelah melakukan diskusi, owner memilih denah alternative yang kedua. Alasan dipilih alternative yang ke dua yaitu untuk dapur tidak dipisahkan, karena owner ingin memiliki konsep ruang makan, dapur dan ruang keluarga memiliki konsep ruang dan interior seperti di apartemen yang memiliki konsep simple yaitu kitchen set bergabung dengan meja makan dan dapat dijangkau dengan mudah dari ruang keluarga . Dan konsep terbuka yang kami usulkan diterima dan disukai oleh owner.

Berikut ini adalah denah dan tampak rencana yang sudah disetujui oleh owner.

denah usulan rumah pak budi copy tampak depan copy